Tuesday, February 22, 2011

10 kota hilang yang menjadi terkenal di dunia

1. Memphis, Mesir
 

dikota mesir kita bisa menemukan piramida giza yang telah berdiri sejak pemerintahan Firaun pada tahun 3100 SM, pira mida-piramida ini merupakan kuburan bagi para raja mesir.

Meski pernah dikalahkan oleh Kerajaan Persia dan Kekaisaran Romawi, beberapa bangunan Piramida Giza yang masih tersisa dijadikan sebagai salah satu objek wisata paling menarik bagi wisatawan dunia.

Memphis atau Nome adalah ibukota Mesir Kuno yang juga merupakan pusat administrasi peradaban pada masa lampau. Kota ini sangat mudah dijumpai karena terletak di sepanjang pertengahan hingga hilir Sungai Nil di bagian timur laut Afrika atau berada di selatan Kairo (20 km).


2. Pompeii, Italia

Pompeii adalah sebuah kota peninggalan di zaman Romawi kuno yang berdiri di dekat Napoli, Campania, Italia. Pompeii hancur dan menghilang selama 1.600 tahun akibat letusan gunung Vesuvius pada 79 M.

Di kota ini Anda akan disuguhkan oleh pemandangan puing-puing bangunan yang masih tersisa dan luar biasa dimana kehidupan Kekaisaran Romawi kuno pernah berdiri di sini.

Tempat ini juga merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang wajib Anda kunjungi saat berada di negara Pizza ini.


3. Angkor Wat, Kamboja
 

Kamboja memiliki sejarah yang kuat tentang Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina pada abad 11 dan 14. Di sekitar ibu kota kekaisaran itu telah terdapat rangkaian bangunan unik Angkor Wat yang dulunya adalah kota pra-industri terbesar dan kuil terkenal di dunia.

Karena letaknya di sekitar hutan dan tanah perladangan di dekat Siem Reap, sebagian puing Kuil Angkor Wat ditumbuhi pepohonan besar yang berakar banyak.

Angkor Wat merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang dipadati pengnjung sekitar satu juta per tahun.


4. El Dorado, Kolombia

El Dorado adalah sebuah kerajaan mistis yang ditemukan di areal hutan Kolombia, Amerika Selatan. Kota ini dipimpin oleh seorang raja yang kuat dan kaya akan emas dan perhiasan lainnya.

Selain sebagai kota legendaris, nama El Dorado juga dipakai sebagai bandara internasional Bogota, Kolombia dengan kode IATA BOG.


5. The Lost City Of Z, Brazil

The Lost City Z konon terletak persis di hutan Hujan Amazon Brasil yang cukup jauh. Beberapa bangunan peradaban modern, seperti jembatan dan kuil, dahulu menjadi keistimewaan tempat ini.

Meski memiliki cerita yang cukup menarik dan mengagumkan, namun sayangnya The Lost City Z yang juga dikenal sebagai Kuhikugu tidak bisa Anda temukan secara pasti.


6. Troy, Turki

Sama seperti cerita di film Troy, di kota legendaris, Turki modern ini Anda pun akan menemukan sebuah situs sejarah yang berumur ratusan tahun.

Troy adalah salah satu bangunan kerajaan yang ditemukan dan pertama kali digali dari reruntuhan pada tahun 1870-an


7. The City of the Caesars, Amerika

Kota mitos ini juga dikenal sebagai Kota Berkelana (Wandering City ) dan Kota Patagonia di ujung selatan Amerika Selatan.

Kota ini belum pernah ditemukan, dan hingga saat ini dianggap sebagai sebuah legenda yang menakjubkan.


8. Petra, Yordania

Siapa sangka bangunan kerajaan bisa berdiri di sebuah dinding bebatuan pegunungan di abad ke-18? Jika Anda penasaran, bisa segera berkunjung ke Petra di dataran rendah pegunungan Wadi Araba atau di sekitar Laut Mati hingga Teluk Aqaba, Yordania. Di sekitar bangunan Al-Khazneh, Petra, Anda pun bisa menyaksikan beberapa ekor unta yang sedang berjalan atau bahkan tertidur di kerumunan wisatawan.

Petra dikenal sebagai Kota di Dinding Batu dengan penduduk aslinya yang disebut Suku Nabatean.


9. Machu Pichu, Peru

Jika Anda berlibur ke Peru, cobalah mampir ke Machu Pichu yang terkenal sebagai Kota Tua atau "Kota Inca yang hilang".

Dari atas perbukitan yang lebih tinggi, Anda pun bisa menikmati pemandangan Machu Pichu yang terlihat begitu menawan.

Machu Picchu adalah sebuah lokasi reruntuhan bekas Kerajaan Inka di atas pegunungan dan embah Urubamba, Peru yang memiliki ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut.

Machu Picchu berada di barat laut Cusco dengan perjalanan jauh sekitar 70 km.


10. Atlantis

Masih ingat dengan cerita seorang filsuf terkenal Plato yang menjelaskan tentang kemajuan peradaban Atlantis telah mengalahkan Eropa? Konon, Atlantis merupakan kota tua yang hilang akibat bencana alam yang menimpanya.

Plato juga mencatat bahwa Atlantis terhampar di seberang pilar-pilar Herkules dan tenggelam saat kalah menaklukkan Yunani.

Meski belum diketahui secara pasti, lokasi Atlantis diduga berada di Turki, Malta, Australia, Denmark, Finlandia, Troya, Al-Andalus, Sardinia, Antartika, Swedia, Meksiko, Indonesia, Inggris, dekat Siprus, Kepulauan Azores, Bolivia, Laut Hitam, Irlandia, Estremadura (Portugal), Isla de la Juventud, Timur Tengah, Kreta dan Santorini, Tepi Bahama dan Karibia, Kepulauan Canary dan Tanjung Verde serta Laut Utara. Dan bahkan kabarnya Indonesia juga berpeluang sebagai tempat dimana atlantis dahulu ada.

Itulah 10 kota hilang yang terkenal di dunia, semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat, dan menambah sedikit wawasan berkenaan dengan kota-kota yang hilang di dunia.

semoga bermanfaat...
sumber

No comments:

Post a Comment