Monday, February 14, 2011

Astronom Temukan Planet Terpanas

Ahli astronomi menemukan planet terpanas. Menurut mereka, planet ini lebih panas dari bintang.


Planet itu diprediksi merupakan gas raksasa bersuhu 3.200 derajat celsius. Suhu itu melebihi suhu panas beberapa bintang. Astronom menemukan WASP-3b, planet berukuran 1,4 Yupiter ini mengorbit bintang induk berjarak kurang dari 7% jarak Merkurius dan matahari.
WASP-33b mengorbit mengelilingi bintangnya setiap 29 setengah jam. Seperti dikutip New Scientist, meski orbit WASP-33b bukan orbit terdekat planet dengan bintang, namun bintang induk WASP-33b diketahui terlalu panas untuk menaungi planet.

Bintang itu bersuhu 7.160 derajat celcius, dan jauh lebih panas dari matahari di mana suhu permukaannya hanya berkisar 5.600 derajat celcius. Kombinasi jarak dekat orbit dan suhu tinggi bintang induk, memanaskan WASP-33b hingga mendekati 3.200 derajat celcius.

Menurut pengukuran infra merah terbaru melalui kamera William Herschel Telescope di Canary Islands, Afrika hal tersebut dapat diketahui. Suhu panas WASP-33b lebih tinggi dari beberapa bintang merah. Suhu WASP-33b juga lebih panas 700 derajat celcius dari WASP-12b dimana hanya bersuhu 2.300 derajat celcius.

Penelitian ini dipimpin Alexis Smith dari Keele University di Staffordshire, Inggris.
semoga bermanfaat ..




No comments:

Post a Comment