Wednesday, February 9, 2011

Luna Ring: Mega Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Bulan

emang ga ada abisnya ngomongin tentang bulan, salah satunya rencana Mega Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Bulan



Pergeseran dari penggunaan ekonomis sumber daya yang terbatas untuk penggunaan tak terbatas energi bersih adalah impian semua umat manusia.

Luna Ring, ialah mega proyek pembuatan pembangkit listrik di bulan dengan kekuatan konsep tenaga surya, menerjemahkan mimpi menjadi kenyataan melalui ide-ide cerdas ditambah dengan teknologi ruang canggih.

Hampir tak habis-habisnya, energi matahari yang anti polusi adalah sumber utama energi hijau yang membawa kesejahteraan bagi alam serta kehidupan kita. Shimizu Corporation mengusulkan Luna Ring untuk hidup berdampingan tak terbatas dari umat manusia dan Bumi.




  • Konstruksi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Bulan
Robot akan memainkan peran penting dalam pembangunan di permukaan bulan. Mereka akan beroperasi 24 jam sehari dari Bumi. Robot akan melakukan berbagai tugas pada permukaan bulan, termasuk meratakan tanah dan penggalian dari strata bawah keras. Mesin dan peralatan dari Bumi akan dirakit dalam ruang dan mendarat di permukaan bulan untuk instalasi. Sebuah tim astronot akan mendukung operasi permukaan robot di bulan.
 
  • Konfigurasi Sabuk Panel Surya Sepanjang Ekuator Bulan 

Konfigurasi Sabuk Panel Surya di Sepanjang Ekuator Bulan
1. Lunar solar sel
Untuk memastikan generasi berkelanjutan kekuasaan, Panel sel surya akan memperpanjang seperti sabuk sepanjang ekuator 11.000 km dari luas bulan keseluruhan. sabuk ini akan bertambah lebar dari beberapa kilometer untuk 400 km.

2. Kabel Daya Listrik
Kabel akan mentransfer tenaga listrik dari sel surya di bulan untuk fasilitas transmisi.

3. Antena Transmisi Daya
Antena berdiameter 20km akan mengirimkan listrik ke rectennas penerima. Sebuah rambu petunjuk (rambu radio) yang dibawa dari Bumi akan digunakan untuk memastikan transmisi akurat.

4. Laser
Fasilitas transmisi daya energi tinggi-density laser akan dipancarkan ke fasilitas penerima. Sebuah rambu petunjuk (rambu radio) yang dibawa dari Bumi akan digunakan untuk memastikan transmisi akurat.

5. Rute Transportasi Sepanjang Ekuator Bulan

Bahan yang diperlukan untuk pembangunan dan pemeliharaan Sabuk Panel Surya akan diangkut sepanjang rute ini. kabel daya listrik akan dipasang di bawah rute transportasi.

6. Produksi Tanaman Sel Surya
Tanaman akan bergerak secara otomatis saat menghasilkan sel surya dari sumber daya bulan dan menginstalnya.
  • Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Bulan
Sumber energi diterima dari sinar matahari yang diserap melalui sabuk panel surya di bulan. Kemudian energi panas matahari yang diserap panel surya di salurkan melalui kabel daya listrik untuk ditransmisi ke bumi melalui antena transmisi daya. Dari antena yang berdiameter 20km akan mengirimkan listrik ke rectennas penerima yang ada dibumi melalui laser dan diterima di fasilitas penerima energi laser di bumi.

  • Cara Kerja





semoga bermanfaat...





No comments:

Post a Comment