Friday, February 25, 2011

Nasi Merah VS Nasi putih, cari tahu mana yang lebih bagus !!!

Quote:
Quote:
kandungan beras merah lebih bagus dari beras putih
umumnya masyarakat lebih sering mengkonsumsi padi beras putih dibanding beras merah. Padahal beras merah bergizi tinggi. Beras merah selain mengandung karbohidrat juga kaya protein dan mengandung mineral dan vitamin. Tepung beras merah pecah kulit dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus, batu ginjal, beri-beri, insomnia, sembelit, wasir, gula darah, dan kolesterol. Warna merah pada beras terbentuk dari pigmen antosianin yang dikandungnya.
Quote:
Quote:

Quote:


Quote:
Quote:
nasi merah vs nasi putih
Quote:
proses

beras merah berasal dari tanaman yang sama dengan beras putih. Perbedaannya adalah pada proses penghilangan lapisan kulit luar. Bulir padi terdiri dari beberapa lapisan. Jika lapisan terluarnya dihilangkan, maka terdapat lapisan berwarna kecokelatan. Itulah yang disebut dengan beras merah. Jika beras merah diproses dan dihilangkan kulit beserta lapisan aleuronnya, maka akan didapatkan beras putih.
Quote:
kandungan gizi beras merah


kandungan gizi beras merah lebih banyak daripada beras putih. Kandungan gizi tersebut terutama terletak pada lapisan kecoklatan pada beras merah. Beras merah merupakan salah satu jenis makanan yang mudah dicerna. Kandungan mineral di dalamnya mencukupi kebutuhan nutrisi untuk rambut, gigi, kuku, otot, dan tulang.
Quote:

kandungan gizi beras merah

beras merah mengandung antioksidan dan fitonutrien yang mendukung sistem imun, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, kanker usus besar, dan meringankan asma.
Beras merah mengurangi risiko kanker usus besar karena kaya akan selenium yang berperan mendukung perbaikan dan sintesis dna pada sel-sel rusak serta mencegah perkembangan sel kanker. Selenium merupakan antioksidan dan berguna bagi metabolisme hormon tiroid dan sistem imun. Selenium juga digunakan hati untuk menetralkan molekul-molekul racun dan berbahaya.
Beras merah merupakan sumber serat yang bagus untuk membantu fungsi pencernaan. Beras merah juga mengandung mineral mangan dan magnesium. Mineral ini membantu memroduksi energi dari protein dan karbohidrat serta terlibat dalam sintesis asam lemak esensial.
Mangan adalah komponen penting pada enzim antioksidan, yaitu superoksida dismutase yang terdapat dalam mitokondria. Enzim ini melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang merupakan hasil samping pada produksi energi.
Magnesium meringankan penyakit asma, menurunkan tekanan darah, mengurangi sakit kepala, dan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Jika tubuh kekurangan magnesium, kalsium dapat masuk ke saraf dan meningkatkan ketegangan.
Magnesium membantu pengaturan saraf dan otot dengan mencegah masuknya kalsium, mencegah kontraksi dan menjaganya agar tetap rileks. Magnesium juga diperlukan untuk kesehatan tulang.
Beras merah juga mengandung niasin yang bermanfaat meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah, yaitu molekul yang berfungsi untuk dilatasi pembuluh darah serta mencegah plak arterosklerosis.
Quote:
khasiat beras merah


Quote:
setelah mengetahui kandungan gizi beras merah yang sangat tinggi. Mari menambah pengetahuan tentang khasiat beras merah

* mencegah berbagai penyakit seperti : Kanker usus, wasir dan sembelit.
* mencegah kolesterol tinggi dan kadar gula darah tinggi.
* mengandung banyak serat yang berguna untuk pencernaan dan membantu dalam program diet.
Quote:
kandungan gizi beras merah

beras merah mengandung gizi yang tinggi, antara lain : Karbohidrat, protein, mineral dan vitamin, seperti magnesium, mangaan, vitamin b1 dan vitamin b3. Kandungan magnesium dalam beras merah ini cukup tinggi lho! Kalau dibandingkan dengan beras yang biasa dimakan, memang beras merah harganya kini jauh lebih mahal.
Quote:
4 manfaat beras merah untuk tubuh kita

Quote:
beras merah mengandung tiamin (vitamin bi) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. Zat besinya juga lebih tinggi, membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari asi sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Belum lagi vitamin dan mineral-mineral penting lainnya.

Adapun 4 manfaat beras merah untuk tubuh kita, sebagai berikut :
1. Beras merah mengkontrol tingkat kadar gula darah dalam tubuh, sehingga juga menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes.

2. Beras merah mengandung fenolik, salah satu zat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas pemicu kanker.

3. Mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migran, dan menurunkan resiko serangan jantung serta stroke

4. Berfungsi menjaga metabolisme energy
semoga bermanfaat...




No comments:

Post a Comment