Tuesday, February 8, 2011

Struktur, komponen , frame sepeda Fixie

Apa yang perlu dipertimbangkan dalam modifikasi Frame sepeda lama ke Fixie
Tidak semua frame sepeda bisa dijadikan Fixie. Bila ingin merubah sepeda lama menjadi sepeda Fixie ada baiknya memperhatikan penyangah roda belakang.yang ada.
Kedudukan sepeda Fixie umumnya seperti gambar dibawah ini. Kedudukan roda pada sepeda dibawah ini paling baik. Karena rantai dapat ditegangkan dengan tarikan gear hub belakang.



Gambar bawah ini adalah bagian gear hub belakang. Sepeda Fixie mengunakan tiang hub permanen dengan mur, dan berbeda dengan rancangan sepeda MTB atau Road Bike modern yang mudah dilepas pasang.



Bila sepeda lama anda ingin dirubah, sebaiknya memperhatikan kedudukan garpu roda belakang.
Pada gambar kiri bawah, slot roda terlalu pendek. Tetapi masih memungkinkan untuk dimodifikasi, sebaiknya konsultasi dengan penjual. Apakah kedudukan frame sepeda anda dapat dipakai untuk Fixie



Sedangkan gambar diatas kanan. Frame sepeda dengan kedudukan roda belakang seperti ini dikatakan paling banyak dipakai oleh produsen sepeda saat ini. Mengingat rantai sepeda fixie harus memiliki ketegangan tertentu pada bagian roda belakang untuk menarik rantai. Frame sepeda dengan kedudukan roda belakang seperti itu harus ditarik setelah memasang rantai sepeda. Produsen Fix Gear Cannondale , Cinelli , Raleigh, Bianchi dan lainnya, mengunakan rancangan kedudukan roda di garpu belakang dengan model tersebut.

Model frame sepeda Fixie seperti gambar dibawah ini. Ada yang dijual polos, material dari bahan besi atau aluminium yang ringan. Harga frame fixie tipe generic misalnya mencapai 500 ribu tipe besi, untuk bahan aluminium diatas 1 juta. Tergantung model dari pemasok untuk tipe generik. Atau yang bermerek akan lebih mahal lagi memiliki merek dan sudah di cat dan dijual lengkap (full bike Fixie)





Apakah harus mengikuti gaya Fixie yang sama.
Tidak juga. Ini sepeda gaya anak muda. Sepeda Fixie adalah sepeda bebas. Bila memodifikasi sepeda lama, anda boleh meninggalkan sedikit sejarah sepeda anda. Caranya dengan mempertahankan komponen rem, stang sepeda lama atau sadel anda. Kecuali bagian gear seperti hub, sproket belakang dan crank dari gigi depan (bila ingin diganti). Jadi sepeda Fixie adalah sepeda bebas. Kecuali gear yang dirubah menjadi Fix Gear atau sepeda dengan single gear

Hub sepeda Fixie bisa dipasang dual sprocket (Flip Flop) atau rem tromol
Spare part bagian roda hub sepeda fixie sudah banyak jenisnya. Salah satu model hub untuk gear atau gigi belakang sepeda ada yang ganda atau disebut Flip-flop hub.
Misalnya anda ingin mengunakan gaya fixie penuh, bisa dipasang sprocket / gigi belakang tetap. Ban berputar, maka pedal anda terus berputar. Bila ingin santai dan mengunakan sepeda sebagai dalam kota, roda belakang dibalik untuk mengunakan sprocket / gigi bergerak seperti biasa. Tentunya diperlukan rem sepeda bila mengunakan dual sprocket / gigi.




Model lain adalah rem tromol pada hub belakang. Mungkin tidak sepenuhnya menjadi sepeda Fixie, tetapi memudahkan seseorang merancang sepeda bergaya Fixie untuk sepeda dalam kota. Rem mengandalkan bagian roda belakang dengan rem tromol. Tetapi sepeda tidak bisa dibuat maju mundur seperti gaya Fixie. Komponen rem tromol ini tidak banyak yang memakai, dengan alasan bobot lebih berat.



Urusan Sparepart crank Fixie.
Namanya sepeda kalangan muda, tidak terikat dengan pabrikan atau merek. Semua suka suka, dan dikabarkan dari mulut ke mulut atau komunitas Fixie. Hunting komponen merupakan ritual dari komunitas sepeda Fixie. Salah satu sparepart yang suka dicari seperti Crank merek Sugino 48 gigi buatan hanya dijual 250 ribu (belum termasuk BB). Crank tersebut banyak dipakai oleh pencinta sepeda Fixie. Bukan saja bagus, tetapi ringan karena dibuat dengan bahan aluminium. Yang lain dapat mengunakan crank sepeda gunung seperti produk dari Shimano Alivio. Hanya bagian ring crank dalamnya dilepas, dan hanya mengunakan ring utama saja.

Beberapa orang memilih produk crank khusus yang sederhana untuk fixie, selain lebih ringan, bentuknya lebih styles. Urusan crank sebaiknya melihat model frame yang dipakai. Crank sepeda Fixie masih mengunakan sistem lama dengan BB Square atau penahan bujur sangkar




nah, semoga bermanfaat..



sumber

No comments:

Post a Comment