Tuesday, February 22, 2011

Tips Mencukur Untuk Kulit Halus dan Mulus

MENURUT mitos yang banyak dipercaya, wanita berbulu itu seksi, karena menunjukkan kesuburan dan libido yang tinggi.
Benar-tidaknya mitos ini, tak semata-mata membuat para wanita berburu obat penumbuh bulu. Bagaimanapun juga, bulu-bulu di badan dapat mengurangi keindahan kulit, apalagi jika Anda mendambakan kulit mulus.
Tradisi mencukur kaki bagi wanita dimulai sejak krisis ekonomi di masa Perang Dunia II, dimana persediaan kain nilon sebagai bahan baku stocking semakin berkurang. Sejak saat itu, kaki jenjang yang terpampang bebas menjadi tren dan meningkatkan produksi busana mini yang mempertontonkan keindahan kaki wanita.
Sayangnya, mencukur bulu kaki, tangan, atau ketiak bagi wanita tak semudah mencukur jenggot atau kumis. Diperlukan teknik-teknik khusus agar kulit tidak iritasi.
1. Jangan mencukur kulit dalam keadaan kering
Mencukur dalam kondisi kering dapat membuat sel-sel kulit mati ikut terangkat dan menyumbat laju pisau cukur. Anda juga patut berhati-hati, karena kulit dapat lebih mudah tergores dalam kondisi kering.
Basahi area yang akan dicukur dengan air atau krim pencukur sebelum Anda memulai ritual shaving. Kulit yang basah membuat bulu-bulu menjadi halus dan mudah dicabut hingga ke akarnya.
2. Shaving cream untuk pria = shaving cream untuk wanita
Jangan rogoh kocek dalam-dalam untuk membeli produk shaving cream khusus wanita yang lebih mahal dari krim pencukur khusus pria. Komposisinya sama saja, kok. Aroma dan teksturnya saja yang sedikit berbeda.
3. Scrubbing sebelum shaving
Selain membasahi kulit sebelum mencukur, scrubbing juga ampuh mencegah sel-sel kulit mati “nyangkut” di pisau cukur. Kikis kulit mati di sekitar area target pencukuran sebelum pisau cukur menyentuh kulit Anda. Gunakan body scrub bersama loofah atau shower puff agar sel-sel kulit mati enyah dengan segera.
4. Mencukur sesuai arah
Untuk mengenyahkan bulu-bulu di area betis, cukur dari mata kaki dan arahkan ke atas, hingga lutut. Untuk membasmi bulu ketiak, mencukurlah sesuai arah tumbuhnya bulu.
5. After-treatment
Setelah ritual cukur-mencukur usaid an bulu-bulu telah lenyap, oleskan pelembab atau lotion. Kulit mengandung kelenjar minyak yang dapat mengering setelah dicukur. Penggunaan pelembab setelah mencukur dapat menghindarkan kaki Anda dari kekeringan dan kulit bersisik.
6. Pilih yang berkualitas
Jika Anda tak merasa nyaman dengan pisau cukur yang Anda gunakan sekarang, jangan bertahan lebih lama lagi. Segera enyahkan dan ganti dengan yang baru.
Mintalah rekomendasi dari orang-orang terdekat Anda untuk memilih pisau cukur mana yang nyaman di kulit dan tidak menyebabkan iritasi.
7. Hati-hati di area kaki
Kata orang, mencukur bulu-bulu di badan dapat menyebabkan bulu tumbuh dengan lebih tebal. Mitos ini terbukti benar, tapi hanya untuk bulu-bulu di area kaki.
Mencukur bulu kaki dapat memancing tumbuhnya bulu-bulu kasar lebih cepat dari biasanya. Maka, teknik waxing untuk bulu kaki lebih disarankan ketimbang mencukur.

No comments:

Post a Comment