Monday, February 14, 2011

Tips Menghindari Kebiasaan Makan di Malam Hari

SALAH satu teknik diet paling ampuh ialah menghindari makan di malam hari. Sayangnya, banyak orang yang menganggap hal ini sulit untuk dilakukan. 
Terutama bagi Anda yang sering melewatkan sarapan dan cenderung menyantap kudapan ringan untuk makan siang. Kebiasaan makan seperti ini tak pelak menimbun rasa lapar di malam hari.
Laman Beauty and Fashion Advice mencatat, penyebab terbesar kebiasaan makan di malam hari ialah kurangnya asupan karbohidrat di siang hari.

Padahal, karbohidrat menjadi zat terpenting dalam menangkal stress dan meningkatkan serotonin, zat pembentuk mood ceria dalam otak.

Diet yang kurang teratur juga dapat memancing kebiasaan makan di malam hari.
Banyak wanita yang amat terobsesi untuk diet hingga memaksakan diri untuk makan sesedikit mungkin di siang hari.

Sedikitnya asupan makanan di siang hari dapat membuat perut merintih keroncongan menjelang jam tidur.
Kathleen Zelman, direktur bagian nutrisi dari WebMD Weight Loss Clinic berbagi beberapa tips jitu dalam menghindari kebiasaan makan larut malam yang dikutip Medicine Net.

- Alihkan perhatian Anda. Daripada asyik ngemil, cobalah jalan-jalan santai, membaca buku favorit Anda, atau bersantai di air hangat.

- Jika Anda merasa lapar, pilih kudapan rendah kalori, seperti sayuran, buah, atau the herbal.

- Jika Anda sedang menjalani diet, tambahkan makanan padat serat dalam menu makan malam Anda. Kacang-kacangan atau gandum utuh dapat menghentikan rasa lapar dan menghindari keinginan ngemil setelah makan malam.

- Selain serat, juga tingkatkan protein dalam menu makan malam. Penelitian terkini menyebutkan, protein memiliki kekuatan besar yang dapat melindungi Anda dari rasa lapar.

- Batasi kegiatan makan hanya di area dapur dan ruang makan. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari “eating amnesia” yang membuat Anda secara tidak sadar ngemil sambil menonton TV.

- Makan dengan perlahan dan nikmati makanan Anda. Sisihkan waktu 15-20 menit bagi otak Anda untuk menerima sinyal dari perut saat Anda sudah merasa kenyang.

-  Jangan lupa sarapan. Orang-orang yang terbiasa melewatkan sarapan cenderung rajin mengonsumsi kudapan padat kalori sebagai balas dendam.

- Banyak minum. Cara yang satu ini menjadi trik ampuh bagi para penggemar cemilan. Banyak minum tak hanya menghindari Anda dari dehidrasi, tapi juga membuat tangan dan mulut Anda tetap sibuk seperti saat ngemil.

- Buatlah jurnal diet yang mencatat makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap hari. Melalui jurnal ini, Anda dapat mengingat daftar makanan yang Anda lahap hari ini, juga menghitung kandungan kalori di dalamnya

No comments:

Post a Comment