Friday, March 4, 2011

Agar Blog Cepat Terindeks di Google

Seperti keterangan yang lalu, bahwa setelah kita mendaftar di google, blog kita tidaklah langsung terindeks pada mesin pencari google, akan tetapi bisa memakan waktu 3 sampai 4 minggu bahkan apabila bernasib kurang baik bisa sampai 8 minggu barulah blog kita terlisting pada mesin pencari nya. Nah agar tidak terlalu bosan menunggu, sedikit tips bagi sobat, silahkan coba dan buktikan.
  • Memperbaiki Pengaturan blog


Untuk langkah-langkah pengaturan (Setting) blog, secara lengkap sudah saya posting silahkan baca di sini !, akan tetapi karena postingan tersebut di buat sebelum ada layanan blogger berbahasa indonesia, maka settingannya berbahasa inggris. Tapi toh saya yakin bahwa sobat pasti faham dengan yang saya tulis.

  • Link ke blog dengan page rank tinggi


Salah satu cara agar blog kita lebih cepat terindeks di google adalah kita di link oleh blog yang mempunyai page rank yang tinggi, dan biasanya blog-blog tersebut adalah blog terkenal. Permintaan untuk di linkback bisa di ajukan pada buku tamu (shoutbox) atau bisa juga melalui komentar pada postingan atau jika ingin lebih pribadi kirim melalui email. Saya yakin mereka akan segera memasang link sobat pada blog mereka, atau jika dalam waktu tiga hari masih belum di linkback, ajukan kembali permintaan untuk dilinkback karena untuk blog-blog terkenal dalam sehari tidak hanya satu atau dua blog saja yang pasang link blog mereka, maka wajar saja apabila ada satu atau dua blog yang terlewatkan untuk di linkback.
  • Pasang tag meta
Salah satu cara agar blog kita lebih di lirik atau di kenali oleh mesin pencari miliknya om google adalah memasang tag meta di bagian header pada kode template blog. contoh tag meta untuk blogger seperti ini :

<meta name="robots" content="INDEX, FOLLOW"/>
<meta name="description" content="Deskripsi dari blog sobat di sini
<meta name="keywords" content="kata kunci atau keyword simpan disini, buatlah beberapa keyword yang sobat anggap sangat berhubungan dengan blog sobat
"/> "/>

Yang harus diperhatikan adalah tulisan-tulisan yang tercetak merah. Tulisan-tulisan tersebut haruslah di sesuaikan dengan kondisi blog sobat.

Untuk deskripsi, silahkan isi dengan deskripsi blog sobat. contoh untuk blog milik saya adalah "Panduan praktis membuat blog di blogger.com. tips, trik, serta download software secara gratis".

Untuk kata kunci (keyword), silahkan isi dengan kata kunci yang berhubungan dengan blog sobat. contoh untuk blog ini adalah : blog tutorial, cara membuat blog, bikin blog, cara bikin blog, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menyisipkan tanda koma untuk memisahkan antara keyword yang satu dengan keyword yang lainnya.

Untuk judul blog, silahkan isi dengan judul dari blog sobat.Contoh : untuk blog ini adalah Blog tutorial.

Bagi yang belum mengetahui dimanakah tag meta di simpan, jawabannya adalah di dalam kode header blog, atau jika masih bingung simpan saja di bawah kode <title><data:blog.pageTitle/></title>  .

semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment